1. ISD Sebagai MKDU
Pencapaian kemampuan akademik dan kemampuan profesi telah
diusahakan melalui mata kuliah keahlian (MKK), yaitu mata-mata kuliah menurut
bidang ilmu pengetahuan masing-masing yang diberikan di perguruan tinggi,
disamping kegiatan-kegiatan kokurikuler yang menunjang kegiatan kurikuler.
Kedua kemampuan tersebut bertujuan untuk memberikan keahlian dalam bidangnya
dan kemampuan menerapkan keahlian itu dalam masyarakat.
MKDU adalah singkatan dari Mata Kuliah Dasar Umum atau
merupakan pengertian dari beberapa mata kuliah dikumpulkan menjadi satu.
Adapun kemampuan pribadi, diharapkan untuk dapat dicapai
melalui sekelompok mata kuliah yang tergabung dalam Mata Kuliah Dasar Umum
(MKDU) yang terdiri atas mata-mata kuliah :
1.
Pancasila
2.
Agama
3.
Kewiraan
4.
Pendidikan
Sejarah Perjuangan Bangsa
5.
Ilmu
Alamiah Dasar (IAD)
6.
Ilmu
Sosial Dasar (ISD)
7.
Ilmu
Budaya Dasar (IBD)
Pada dasarnya ke 7 Mata Kuliah Dasar Umum diatas di perguruan
tinggi di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) bagian/kelompok.
Kelompok pertama meliputi mata kuliah : Pancasila, Agama, Pendidikan Sejarah
Perjuangan Bangsa dan Kewiraan. Kelompok ini diharapkan dapat memberikan dasar
pedoman untuk bertindak sebagai warga Negara terpelajar yang baik. Keempat mata
kuliah tersebut wajib diikuti oleh semua mahasiswa di semua perguruan tinggi,
yang nilai dan ikut menentukan kelulusan.
Kelompok kedua meliputi mata-mata kuliah : IAD, ISD dan IBD.
Kelompok ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kepekaan mahasiswa
berkenaan dengan lingkungan alamiah. Lingkungan sosial dan lingkungan budaya.
Secara spesifik kemampuan pribadi yang hendak dicapai melalui
MKDU bertujuan menghasilkan warga Negara Sarjana yang berkualifikasi sebagai
berikut :
a.
Taqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya,
dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
b.
Berjiwa
Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai
Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan
kepentingan Nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
c.
Memiliki
wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa, sehingga dapat memperkuat semangat
kebangsaan, mempertebal rasa cinta Tanah Air, meningkatkan kesadaran berbangsa
dan bernegara, mempertinggi kebangsaan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana
Indonesia.
d.
Memiliki
wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan
kehidupan, baik sosial, ekonomi, politik, pertahanan keamanan maupun
kebudayaan.
e.
Memiliki
wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara
bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun tentang
lingkungan alamiah serta bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.
1.1
ISD : PENGERTIAN, TUJUAN, ISD DAN IPS
PENGERTIAN
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia
dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial
seperti : sejarah, ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi
sosial.
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu
sosial yang dipadukan, karena masing masing sebagai disiplin ilmu memiliki
obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan. Karena
masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya
sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program
Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang
di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial
Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian
umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial
agar daya tangggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.
TUJUAN
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial
Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
ü Memahami
dan menyadari adanya kenyataan dan masalah sosial di masyarakat.
ü Peka terhadap masalah sosial dan berusaha
mencari solusinya.inya secara kritis-interdisipliner.
ü Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya
mempelajar
ü Memahami jalan pikiran ahli-ahli di bidang
lainnya agar bisa berkomunikasi dalam rangka penyelesaian masalah di
masyarakat.
ISD
membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar
memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yg diharapkan dari
sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm
menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain
terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
ISD
juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum
dan pengetahuan dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala –
gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran
mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga
kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
1.2
HUBUNGAN ISD DAN IPS
Ilmu
Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai
persamaan dan perbedaan.
Adapun
persamaan antara keduanya adalah :
ü Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk
kepentingan program pendidikan/pengajaran.
ü Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri
sendiri.
ü Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari
kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun
perbedaan antara keduanya adalah :
ü Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan
Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah
Lanjutan.
ü Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah
tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata
pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
ü Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan
sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada
pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
1.3
RUANG LINGKUP ISD
ISD
meliputi dua kelompok utama, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga –
lembaga sosial. yg terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi,
sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran
STUDI ISD adalah aspek – aspek yg paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia
sebagai makhluk sosial dan masalah – masalah yg terwujud dari padanya.
Materi
Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah
masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi
kenyataan kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.
Sehingga
dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga
golongan yaitu :
1.
Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah
sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering
ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya
perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu
Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2.
Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataankenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu
misalnya konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”. Bertolak dari
kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam
masyarakat selalu terdapat :
a. Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan
pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
b. Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang
menyebabkan sering timbulnya pertentangan/konflik, kerja sama, kesetiakawanan
antar individu dan golongan.
3.
Masalah-masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa
perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke
delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar
diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya
dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan :
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan
negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat
pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan
integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi
bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Pertanyaan
1.
MKDU adalah
singkatan dari?
a . Matematika Kimia Dasar Umum
b . Mata Kuliah Dasar Umum
c . Materi Kompetensi Dasar Umum
d . Mata Kuliah Daftar Umum
2.
Kepanjangan dari
ISD adalah?
a . Ilmu Semua Dasar
b . Ilmu Sangat Dasar
c . Ilmu Semakin Dasar
d . Ilmu Sosial Dasar
3.
Mata
kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk?
a .
Membuat pintar mahasiswa.
b .
Menyesatkan mahasiswa.
c .
Menambah akal budi mahasiswa.
d . Memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep-kkonsep yang dikembangkan guna
mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tangggap, persepsi dan penalaran
mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga
lebih peka terhadapnya.
4.
Yang bukan tujuan
dari ISD adalah?
a . Memahami
dan menyadari adanya kenyataan dan masalah sosial di masyarakat.
b . Peka terhadap masalah sosial dan berusaha
mencari solusinya.inya secara kritis-interdisipliner.
c . Mengambil keputusan dengan egois dan mengambil hak orang lain.
d . Memahami jalan pikiran ahli-ahli di bidang
lainnya agar bisa berkomunikasi dalam rangka penyelesaian masalah di
masyarakat.
5.
Sasaran STUDI ISD
adalah?
a . Aspek – aspek yg paling dasar yg
ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah – masalah yg
terwujud dari padanya.
b . Masyarakat awam.
c . Orang pinggiran.
d. Warga pedesaan.
Sumber : Buku e-book gunadarma seri diktat kuliah (MKDU Ilmu Sosial Dasar)
0 komentar:
Posting Komentar