Pages

Rabu, 28 Maret 2018

Review Website Shopee

Pengertian Komputasi Modern

    Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
1. Akurasi (big, Floating point)
2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4. Modeling (NN & GA)
5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Karakteristik Komputasi Modern
1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Jenis-Jenis Komputasi Modern

Jenis-jenis komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
1. Mobile Computing atau Komputasi Bergerak Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
2. Grid Computing Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.
3. Cloud Computing atau Komputasi Awan Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.
Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya di bawah ini:
1. Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
2. Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
3. Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
4. Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.

Pada kesempatan kali ini saya Asdi Prayudha dari kelas 4IA07 akan mereview salah satu website jual beli online yaitu www.shopee.co.id. Marketplace online yang terhitung paling muda alias baru ini memang tengah populer di kalangan para penggemar belanja online.

            Shopee Indonesia adalah salah satu pusat perbelanjaan yang dikelola oleh Garena (berubah nama menjadi SEA Group). Bisnis C2C (customer to customer) mobile marketplace yang diusung Shopee memungkinkan kehadirannya dapat dengan mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk di Indonesia.
            Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Sejak peluncurannya, Shopee Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan hingga Oktober 2017 aplikasinya sudah didownload oleh lebih dari 25 juta pengguna. Menawarkan one stop mobile experience, Shopee menyediakan fitur live chat yang memudahkan para penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat.

Tampilan Halaman Utama Shopee.co.id
            Shopee Indonesia sebagai sarana jual beli daring yang menyediakan berbagai produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang mencakup fashion, gadget, alat kosmetik, alat elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan olahraga, otomotif, vitamin dan suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, souvenir dan pesta, hingga voucher belanja.
            Sebagai anak perusahaan dari SEA Group, Shopee Indonesia mendapatkan dukungan finansial penuh dari SEA Group. Untuk regional Indonesia sendiri, pada saat peluncurannya, Shopee Indonesia mendapatkan dana dari SEA dan beberapa modal ventura, seperti Farallon Capital Management, Hillhouse Capital, GDP Venture, JG Summit Holdings Inc untuk melakukan penetrasi pada online market di Indonesia.
            Shopee Indonesia menerapkan sistem layanan jual beli interaktif antara penjual dan pembeli melalui fitur live chat. Shopee menyediakan berbagai sistem pembayaran melalui transfer bank, Indomaret, Kredivo, hingga kartu kredit. Selain itu, tersedia juga dompet elektronik, Shopee Pay yang dapat menyimpan seluruh dana, baik dari penjualan atau pembelian.
            Shopee Indonesia juga memiliki fitur “Koin Shopee”, yaitu koin virtual yang diperoleh dari hasil pembelian barang dengan promo tertentu dengan sistem cashback. Nantinya, “Koin Shopee” ini dapat ditukar dengan diskon saat pembelian barang berikutnya.
            Untuk memastikan barang yang dikirim penjual Shopee sampai ke pembeli, Shopee Indonesia memberlakukan sistem Garansi Shopee sebagai jaminan uang akan kembali seratus persen jika barang tidak sampai.

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

Kelebihan Shopee

1.      Kemudahan dalam menginput gambar produk yang akan dipasarkan disana. Maksimum hingga 9 gambar dapat diupload secara bersamaan di Shopee.
2.      Pada bagian penjualan, terdapat fitur yang akan mempermudah penjual ketika menanti pembayaran, produk yang harus dikirim, hingga status transaksi yang sudah selesai.
3.      Adanya fitur khusus “barang diblokir” yang dapat memudahkan pengguna ketika ada masalah pada produk yang dijual.
4.      Adanya fitur chat langsung antara penjual dan pembeli.
5.      Fitur varian produk yang akan mempermudah dan sangat cocok untuk penjualan produk yang memiliki ragam warna, motif, atau ukuran.
6.      Terdapat fitur untuk mengambil foto dari Instagram dan menambahkan hastag hingga 18 maksimum hastag.
7.      Aplikasi tersedia untuk Playstore (Android) dan iTunes (Apple).
8.      Saat ini masih banyak program promosi seperti gratis ongkos kirim (JNE), promosi di halaman depan masih gratis.
9.      Terdapat fitur untuk memberikan review produk yang telah dibeli dan mengupload foto produk yang telah diterima untuk memberikan feedback ke penjual.
10.  Tidak memiliki batasan pada produk yang akan dijual disini.

Kekurangan Shopee

1.         Adanya bagian pembeli dan penjual, sehingga terkesan tidak efisien dan rumit.
2.         Untuk promo ongkos kirim gratis, syarat yang harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan.
3.         Pencairan dana ke rekening yang terhitung sangat lama setelah proses transaksi sukses.
4.         Terkadang situs sulit di akses atau bahkan lambat pada jam-jam tertentu.
5.         Walaupun dapat menginput gambar dalam jumlah yang relatif banyak, namun pada beberapa kasus terkadang upload gambar tersebut sering gagal.
6.         Selain gambar, ketika menginput no resi via aplikasi pun sering gagal.

            Kesimpulan pribadi menurut saya adalah dari sekian banyak situs belanja online di Indonesia, Shopee adalah situs jual beli online paling populer dan terpercaya sebab sudah ada banyak sekali pengguna yang bertransaksi di situs e-commerce ini. Karena sudah menggunakan metode pembayaran dengan memberlakukan sistem Garansi Shopee sebagai jaminan uang kembali jika barang tidak sampai, maka pembeli sangat aman dalam melakukan transaksi jual beli di Shopee.
            Karena setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing, saya sudah pernah belanja di beberapa situs jual beli online, saya memposisikan shopee unggul dibandingkan dengan beberapa marketplace yang pernah saya gunakan. Sebagai konsumen saya termasuk kedalam golongan orang yang sangat perhitungan soal harga barang yang akan saya beli. Suka berbelanja tetapi dengan membandingkan harga yang paling murah dengan marketplace lainnya dan saya mendapatkan shopee adalah situs jual beli online yang paling murah.
            Hal lainnya yang membuat saya tidak ragu berbelanja di shopee adalah shopee memberikan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia untuk belanja minimal sebesar Rp. 90.000,00 pada toko yang sama dan tampilan aplikasi mobile shopee juga terbilang sangat user friendly, sehingga mempermudah untuk pembeli memilih barang yang dicari. Pada aplikasi mobile shopee juga terdapat fitur chat antara pembeli dan penjual langsung yang sangat membantu untuk pembeli mengetahui stok barang yang tersedia, pilihan warna dan ukuran yang tersedia pada toko penjual. Meskipun sudah ada fitur varian produk yang mempermudah untuk mengetahui warna, motif ataupun ukuran tetapi terkadang tidak tersedia pada toko penjual, maka dari itu fitur chat untuk bertanya secara langsung kepada penjual sangatlah berguna dan membantu untuk kita sebagai pembeli.
            Memang tidak semua penjual di shopee jujur melainkan ada oknum-oknum penjual nakal yang menipu dengan modus menjual barang dan barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan yang ditawarkan atau bahkan penjual seenaknya membatalkan pesanan secara tiba-tiba. Jika terjadi hal seperti itu segera ajukan pengembalian dana / refund di shopee, yang mana pembeli harus bersabar karena proses pengembalian dana / refund di shopee akan memakan waktu yang lama karena harus melewati prosedur yang berlaku di shopee. Maka dari itu saya sangat menyarankan untuk memilih toko yang reputasinya baik dan sudah mendapatkan feedback yang baik dari para pembelinya. Biasanya toko yang mempunyai reputasi baik ada tanda bintang (*) sebanyak 5 pada foto produk nya.
            Demikian review pengalaman berbelanja di shopee dari saya. Saya percaya apapun bisa terjadi pada proses jual beli namun demikian kita harus meminimalisir kejadian yang bisa merugikan kita. Satu pesan dari saya bagi para pengguna situs jual beli online, membeli berarti setuju, mantapkan diri sebelum transaksi dan jadilah pembeli yang cerdas.


Sumber :
http://adhitjatur.blogspot.co.id/2015/05/definisi-dan-contoh-komputasi-modern.html

0 komentar:

Posting Komentar