Pages

Rabu, 28 Maret 2018

Bekerja Sama dalam Satu Team Kerja Kelompok



              Pada kesempatan kali ini saya Asdi Prayudha dari kelas 4IA07 akan sedikit bercerita tentang mengenai bagaimana cara bekerjasama dalam satu team kerja kelompok. Walaupun belum tentu benar insya Allah ini adalah hal yang baik dan merupakan pengalaman pribadi saya sendiri.

            Banyak sekali tugas kuliah yang saya kerjakan bersama satu team kerja kelompok maupun tugas kuliah individu. Tapi yang akan saya bahas disini adalah tugas kuliah yang dikerjakan bersama dalam  satu team kerja kelompok. Banyak suka dan duka yang saya rasakan pada saat mengerjakan tugas kelompok, adapun suka dari bekerja kelompok adalah bisa bertukar fikiran dan ide yang akan ditampung dalam team sehingga informasi  yang dikumpulkan menjadi bervariasi dan memperkuat kerjasama team. Dalam mengumpulkan ide dan jawaban dari pemecahan masalah, setiap individu dari anggota kelompok diharuskan untuk mencari jawaban masing-masing, misal ada yang menjawab berdasarkan pengalaman pribadi dengan alasan pernah mendapatkan soal seperti itu, ada yang menjawab berdasarkan perkiraan alias mengarang dengan alasan yang terkadang tidak masuk akal, dan ada pula yang mencari jawaban melalui internet dan hal yang terakhir ini biasanya yang paling sering dilakukan jika terjadi pemecahan masalah yang terjadi sangat rumit dan sangat sulit untuk dipecahkan.

            Solusi yang diputuskan secara bersama akan diterima secara lebih baik daripada mengambil keputusan secara individu dan mengambil keputusan secara individual akan lebih terkesan egois dalam satu team kerja kelompok, misal ketua kelompok lebih memilih jawaban individu dari dia sendiri karena merasa sebagai ketua. Tentu hal tersebut bisa menyebabkan perpecahan antara anggota kelompok yang lain.

            Adapun duka ataupun keluh kesah yang disebabkan oleh kerja  kelompok adalah ketika kita yang hanya mengerjakan tugas sendiri sedangkan anggota yang lain tidak ada yang peduli dan terkesan acuh dalam mengerjakan tugas kelompok ini, sering sekali saya mendapati hal seperti ini pada tugas kelompok perkuliahan maupun pada saat masih duduk di bangku sekolah. Hal ini dikarenakan anggota dari kelompok yang saya dapati adalah orang-orang yang malas dan bersikap seenaknya sendiri ketika belajar di kelas. Ada saja alasan yang mendasari ketika saya memerintahkan untuk bekerja kelompok dan semua alasan tersebut tidak lain adalah lebih kepada individual yang malas mengerjakan tugas kelompok. Alhasil saya harus mengerjakan tugas kelompok sendiri dengan pendapat saya sendiri tanpa ada yang membantu dan anggota yang lain tinggal hanya menikmati hasil dari tugas yang saya buat tanpa peduli dan bahkan tidak paham dengan tugas yang saya buat. Pada saat presentasi adalah penentuan terakhir dari tugas yang telah dibuat dan akan dipresentasikan didepan kelas kepada teman-teman yang lainnya, dan lagi-lagi saya yang harus menjelaskan apa isi dari materi yang harus dipresentasikan karena anggota kelompok yang lain jauh lebih tidak paham isi dari materi yang dipresentasikan. Bahkan setelah presentasi selesai biasanya diadakan sesi tanya jawab yang seharusnya bisa dijawab bersama-sama dengan anggota kelompok lainnya tetapi saya sendiri lagi lah yang harus menjawabnya, walaupun terkadang ketika saya tidak mengetahui jawaban yang ditanyakan, saya harus tetap menjawabnya dengan mengambil kesimpulan yang saya simpulkan sendiri karena anggota kelompok yang lain hanya diam saja dengan beralasan saya lebih mengetahui tentang materi nya.

            Berdasarkan suka duka dan keluh kesah yang saya dapatkan pada team kerja kelompok selalu ada hikmah dan pelajaran baru yang saya dapatkan. Ini adalah hal yang baik karena saya menyadari bahwa saya harus tetap memiliki motivasi yang tinggi untuk lebih baik lagi kedepannya. Dengan motivasi, saya akan lebih mudah berkarya terlebih dalam bekerja sama dalam team untuk memecahkan masalah dan mecapai kesuksesan.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk bekerja sama dalam satu team kerja kelompok. Berikut adalah kiat-kiat dalam bekerja sama dalam satu team kerja kelompok menurut saya pribadi :


  • 1.   Mencari referensi sebanyak-banyaknya mengenai materi yang di tugaskan. Dengan mencari referensi yang banyak maka sumberdaya informasi untuk menjawab akan lebih banyak dan memudahkan untuk membuat jawaban.

  • 2.    Harus ada komunikasi yang baik antar individu dari anggota kelompok untuk bertukar fikiran dalam mengambil keputusan. Anggota kelompok akan memberikan pandangan yang beragam terhadap pengambilan keputusan.

  • 3.  Menerima solusi yang diputuskan secara bersama akan lebih baik karena pengambilan keputusan dari masing-masing anggota kelompok tidak secara individual yang terkesan egois.

  • 4.    Tidak berlarut-larut dalam pengambilan keputusan dikarenakan jika terjadi hal seperti ini tidak akan menghasilkan solusi apa-apa melainkan hanya menyebabkan kebingungan antar sesama anggota kelompok.

  • 5.   Jangan sampai anggota dari team kerja kelompok ada yang mempunyai misi tersendiri yang disembunyikan. Hal ini akan menyebabkan individu yang ambisius antar anggota kelompok lainnya.

  • 6.   Menghormati ide yang dikeluarkan dari anggota kelompok dan tidak mambantah sepenuhnya ide tersebut yang malah akan menimbulkan perpecahan antar anggota kelompok.

  • 7.     Jadikan kegiatan kerja kelompok itu menyenangkan. Salah satu alasan kerja kelompok sulit dan gagal adalah kegiatan kerja kelompok yang membosankan.

  • 8.     Bersabar. Segala hal membutuhkan waktu untuk terwujud jika terburu-buru maka hasilnya akan jelek dan tidak sesuai keinginan.


Dari semua kiat-kiat bekerja sama diatas dapat disimpulkan bahwa teamwork yang baik adalah saling membantu dan saling mengisi kekurangan angota kelompok lainnya, dengan demikian maka kinerja team akan bisa lebih baik daripada kinerja individual.

0 komentar:

Posting Komentar